Senin, Oktober 05, 2009

Tips dan Trik meningkatkan Parameter Alexa Rank


Awalnya aku ngga begitu ngerti tentang Alexa sampai ketika seorang teman menanyaiku tentang ranking Alexa.
Lalu mulailah aku mencari tau tentang Alexa. Memang… Alexa Traffic Rank tidak sepopuler punyanya Google. Namun ternyata Alexa Rank cukup penting bagi para Blogger yang ingin menjadikan blog-nya sebagai monetize blog karena kebanyakan menggunakan rank Alexa sebagai syarat atau patokan dalam menentukan “harga” sebuah website.

Alexa Traffic Rank:
The traffic rank is based on three months of aggregated historical traffic data from millions of Alexa Toolbar users and is a combined measure of page views and users (reach). As a first step, Alexa computes the reach and number of page views for all sites on the Web on a daily basis.

The main Alexa traffic rank is based on the geometric mean of these two quantities averaged over time (so that the rank of a site reflects both the number of users who visit that site as well as the number of pages on the site viewed by those users).

Setelah berkeliling sejenak ke website-website yang membahas tentang Alexa, aku jadi pengen mencoba ?

5 Tips Untuk Meningkatkan Ranking Alexa :

1. Alexa Traffic
Langkah yang paling dasar : Get lot of site traffic! Karena ide awal dari Alexa rank adalah untuk menentukan website mana yang memiliki traffic paling banyak dengan asumsi, banyak traffic = lebih populer. Yep, Alexa pada dasarnya adalah ranking popularistas suatu website.

2. Alexa Toolbar
Menggunakan browser yang terinstall toolbar Alexa bisa ningkatin ranking website kamu. Sebenarnya bukan hanya websitemu, setiap website yang dikunjungi browser yang terinstall toolbar Alexa juga mendapat “nilai” yang akan diperhitungkan dalam ranking. Lalu, bukankah pengunjung pasti dari websitemu adalah dirimu sendiri? So, kalau browsermu sudah terinstall toolbar, maka penambahan point ranking akan terjadi secara otomatis! Nah, toolbar Alexa tersebut bisa di install melalui link berikut :

3. Alexa Widget
Pasang Alexa site stat widget di websitemu. Alexa site stat ini mengandung javascript yang mengantarkan setiap data pengunjung (ping) ke server Alexa sehingga statistik Alexa menjadi lebih akurat. Scriptnya bisa diambil di sini. Tinggal copy paste. Ga perlu malu pasang Alexa widget yang gede, untuk mencapai hasil yang diinginkan tentunya ada harga yang harus dibayar kan? Siapa sangka dulunya ranking 3 juta-an sekarang ranking 300 ribuan?

4. Alexa Redirection
Gunakan Alexa redirection setiap berkunjung ke websitemu. Formatnya seperti berikut:
http://redirect.alexa.com/redirect?www.resep.web.id
(Ganti www.www.resep.web.id dengan URL websitemu)
Alexa Redirection sudah tidak berfungsi lagi. Setiap loading page dengan link ini akan muncul pesan 404.

404 Not Found
The requested URL /redirect was not found on this server.

5. Alexa Blog/Content
Tulis/blog tentang Alexa di blogmu. Webmaster dan Blogger suka cara-cara untuk meningkatkan ranking Alexa. Ya… mungkin seperti yang dibaca sekarang ini.

Mengapa Alexa penting ?
Jawabannya, karena ada beberapa website layanan iklan komersil yang memberikan syarat ranking Alexa dalam batasan tertentu. ReviewMe, Text Link Ads dan Sponsored Reviews adalah 3 diantaranya dan masih banyak lagi. Jikapun kita tidak berkeinginan menggunakan layanan iklan komersil atau tidak ingin menjadikan blog kita sebagai monetize blog, peningkatan ranking Alexa bisa dipandang sebagai upaya untuk melakukan sedikit optimasi yang bisa bermanfaat bagi kwalitas blog.


sumber :resep.web.id

5 komentar:

Andi on 15 Oktober 2009 17.39 mengatakan...

baru tau nih....
Salam kenal....

Kapan2 maen ke blog gw y...

Lowongan Kerja di update tiap hari (Freelance, Fresh Graduate, Employee) .......KLIK DISINI

dodo on 19 Oktober 2009 15.05 mengatakan...

bagus blog mu kunjungi dong blog ku
lomboktruly.blogspot.com

agung on 1 Februari 2010 10.00 mengatakan...

salam kenal dari blogger temanggung, triknya hebat untuk alexa rengking

Komunitas Temanggung di Dunia Online

Dangsulaeman on 9 Oktober 2010 15.10 mengatakan...

yang paling penting untuk meningkatkan ranking alexa adalah dengan cara membuat postingan yang baru. Jangan lupa diakhir postingan disisipkan alamat alexa..siapa tahu itu bisa sedikit "merayu" alexa agar mau meningkatkan nilainya

Bolehngeblog

Dhicomp on 5 Oktober 2011 05.36 mengatakan...

Mantap, boleh dicoba nih Tips.
Salam Kenal Bro. Tk'y

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar
NO SARA, NO SPAM

Twiter n like


By TwitterButtons.com
online
 

Copyright 2009 @ by dery | Converted into Blogger Template by Bloganol dot com